Resep Lengkap Membuat Berbagai Jenis Masakan

Senin, 19 September 2016

Resep Membuat Bola - Bola Tahu Crispy

Semua pasti udah tahu kan yang dinamakan tahu? Apalagi tahu itu kayak udah menu wajib aja buat sehari – harinya hehe. Kali ini saya akan share tentang si bola – bola tahu. Mungkin sebagian besar udah pada tau sih. Tapi gapapa lah bisa buat perbandingan. Kalau di rasa enak kan lumayan bisa buat inovasi di meja makan kesayangan anda.

Bola – bola tahu sebenarnya sama kayak perkedel tahu tapi bentuknya aja yang lebih bulet. Kalau lagi hangat rasanya krispi dan mak nyus, apalagi kalau di ceplus sama cabe ijo. Duh cerita aja udah bikin ngiler nih. Hehe.
Resep Membuat Bola - Bola Tahu Crispy

Mau masak bareng – bareng saya? Gampang aja kok. Tapi ada syaratnya, anda harus udah siapin nih yang di bawah alias bahan – bahannya.
  • Jelaslah kita akan membuatnya dengan bahan dasar tahu. Tahunya pakai yang ukuran sekitar 20 cm kali 20 cm ya untuk takaran bumbu – bumbu dibawah ini.
  • Bumbu yang harus di haluskan adalah bawang putih satu siung jangan lupa di kupas terlebih dahulu.
  • Cabai rawit juga harus di haluskan. Kalau suka pedes ya silahkan – silahkan aja cabai rawit yang banyak, tapi bagi yang nggak suka jangan coba – coba ya, hehe/
  • Ada juga bumbu yang di iris tipis nan halus yaitu daun bawang.
  • Bumbu tambahannya adalah garam dan kaldu bubuk atau penyedap rasa. Tergantung selera anda juga nih tingkat asinnya.
  • Oiya satu hal lagi, jangan lupa siapkan minyak untuk menggoreng si bola – bola tahu ya.
Simple sekali bukan bahan – bahan yang harus anda siapkan. Kalau udah berarti anda siap dong untuk masak bareng saya? Yuk saya bantu melalui prosesnya yaitu :
  1. Tahu putih biasa itu mengandung banyak kadar air, jadi lebih baik anda tiriskan lebih dahulu, itupun masih belum cukup. Anda harus memerasnya dengan menggunakan kain dan di remas sampai seluruh kandungan air keluar. Mengapa ini perlu anda lakukan? Agar bola – bola tahu anda berasa kriuk dan gurih.
  2. Tumis dahulu bumbu yang di haluskan tadi ( cabai dan bawang putih).
  3. Ulet dengan tahu yang sudah di remukkan.
  4. Bubuhkan garam dan penyedap rasa dan aduk kembali. Hingga tahu yang ada di wadah menjadi padat. Jangan lupa untuk mencicipinya sebelum tahu di bentuk.
  5. Bentuk bulat – bulat bola menggunakan sendok.
  6. Goreng tahu pada api yang sedang saja. goreng hingga kecoklatan dan kering. Jangan sering di bolak – balik agar bola – bola tahu tidak hancur.
Taraaaaa bola – bola tahu siap di tata di piring dan di hujani dengan cabai hijau deh.

Kalau mau nonton videonya, coba deh simak video berikut ini