Resep Lengkap Membuat Berbagai Jenis Masakan

Sunday, September 18, 2016

Resep Lumpia Tape Singkong

Bosan dengan lumpia yang itu – itu aja? Kalau nggak sayur ya daging. Mau tahu lumpia yang unik dan membangkitkan selera anda? Kita sebut saja ini lumpia tape singkong. Sesuai dengan namanya, isiannya dari tape singkong. Masalah rasa nggak perlu diragukan ragi. Bisa ngebayangin kan gurihnya kulit lumpia yang kering bersamaan dengan manisnya tape singkong dalam sekali gigit. Apalagi kalau di beri tambahan rasa coklat. Dalam hitungan detik aja kayaknya bakal cepet kosong deh piring sajinya.
Bunda bisa membuatnya dengan sangat mudah okk. Bahan yang dibutuhkan juga tidak repot. Yang jelas sekarang kita buat kulitnya terlebih dahulu aja deh ya. Kunci lumpia yang penting adalah pada kulitnya yang kering dan gurih dengan bahan – bahan kayak gini :
  • Gunakan tepung tergitu sebanyak 2 ons. Tepung terigunya apa aja kok. Tapi kalau pengen enak ya yang bermerk seperti rosebrand, segitiga biru, dll hehe.
  • Minyak goreng 1 sendok teh.
  • 1 sendok makan telur yang telah di kocok.
  • Sedikit garam
  • Serta satu gelas (tidak penuh banget) air mineral matang.
Well membuat kulit adalah hal yang simple sekali. Tinggal campurkan semua bahan yang ada jadi satu dan di diamkan selama setengah jam, setelah itu baru bisa di cetak satu per satu menggunakan teflon atau wajan anti lengket. Harap sabar ya melakukannya.
Selanjutnya kita siapkan bahan untuk membuat isian tape singkong plus coklatnya.
  • Mentega dan gula halus dengan jumlah yang sama yaitu 50 gram.
  • Tape singkong yang dihaluskan seberat 3 ons.
  • Parut coklat blok sesuai selera anda. Kalau saya menggunakan takaran sebanyak 1/3 dibandingkan dengan tape singkong.
  • Untuk menambah rasa gurih, kacang mete juga harus di haluskan.
  • Bubuk vanili akan menambah rasa harum dari lumpia anda.
  • Terakhir adalah 2 butir kuning telur.
Seperti itu saja bahan isian dari lumpia. Anda juga perlu menyiapkan bahan lainnya seperti sebutir putih telur dan minyak goreng. Apa tujuannya? Kita lihat di proses pembuatannya dibawah ini.
  1. Pertama – tama kita aduk dahulu mentega, gula halus serta kuning telur dan vanili hingga tercampur.
  2. Masukkan bahan – bahan isian pokok seperti tape, coklat dan kacang mete. Uleni hingga mereka menjadi adonan isian yang siap untuk anda gunakan.
  3. Ambil kulit lumpia dan isi sebanyak yang anda ingikan kemudian lipat dan rekatkan.
  4. Lakukan hal itu sampai kulit dan isian habis.
  5. Terakhir tinggal menggorengnya hingga warnanya berubah kecoklatan.
Yang hangat sangat nikmat loh, jadi jangan lupa menyantapnya sebelum keburu dingin.

Kalau ada yang mau buat lumpia tape lainnya, coba tonton video resep berikut ini. Lumpia Tape Coklat.