Resep Lengkap Membuat Berbagai Jenis Masakan

Tuesday, June 23, 2015

Resep Kastengel Gurih Renyah

Kalau saya paling suka dengan yang  namanya kastengel. Bagaimana dengan anda para pecinta keju? Kastengel nggak hanya cocok di sajikan buat hari raya aja. Kastengel juga sangat pas buat menemani harian anda sebagai cemilan. Rasanya empuk namun kering jadi bagi yang giginya kurang lebgkap juga bisa menikmatinya hehe.

Kastangel memang sering di sebut kue keju karena baik dari adonan bahan dan toppingnya mengandung keju semua. Cara bikinnya juga tidak rumit menskipun dilihat dari penampilannya rumit. Tidak percaya? Coba kita buktikan.

Resep Kastengel
Bahan untuk membuat kastengel setidaknya memerlukan seperti dibawah ini :
  • Kastangel terbuat dari tepung terigu, jadi kita bisa gunakan tepung terigu yang kualitas baik namun protein rendah saja. saya menggunakan tepung terigu dengan berat 3 ons.
  • Agar rasa kastengel lebih lembut, butter nya kita pakai yang jenis roombutter. Bila anda tidak tahu, beli di toko. 20 gram saja sudah cukup.
  • Ingat, butter beda dengan margarin loh ya. Kalau tadi kita pakai roombutter nya 20 gram, margarinnya kita gunakan 10 kali lebih banyak dari roombutter.
  • Kue yang empuk selalu mengandung telur. Termasuk kastengel juga memerlukan telur sebanyak 3 butir. Tapi cukup gunakan kuning telurnya saja.
  • Bahan utama selanjutnya adalahe keju. Tergantung selera saja, kalau pengen rasa kue yang bener – bener keju ya banyakin aja kejunya. Harus di parut lo ya kejunya, agar bisa tercampur merata dengan bahan lainnya.
  • Selain bahan – bahan adonan di atas, untuk membuat kastengel tentunya memerlukan bahan olesan dan topping seperti yang telah kita tahu. Ternyata bahan olesan dan topping tersebut adalah kuning telur dan parutan keju. Kuning telurnya cukup s butr saja yang di kocok lepas. Keju parutnya tergantung keinginan anda masing – masing.
Ok sekarang kita bisa beranjak ke langkah kedua yaitu proses pembuatan kastengel.
  1. Yang pertama adalah memastikan bahwa roombutter dan margarin tercampur agar rasa yang dihasilkan pun merata. Caranya mudah sekali tinggal mengocoknya menggunakan mixer kekuatan rendah.
  2. Setelah itu bisa di tambahkan kuning telur yang telah dipisahkan dari putih telurnya. Sambil terus di aduk yaa.
  3. Sudah dipastikan tercampur? Berarti saatnya tepung yang sekarang di tambahkan. Sedikit – sedikir saja ya.
  4. Lanjut dengan parutan keju yang dimasukkan.
  5. Masukkan adonan yang sudah jadi tadi ke dalam plastik segitiga yang ujungnya telah di lubangi. Besarnya lubang menentukan besarnya kastengel anda.
  6. Olesi loyang dengan margarin
  7. Di atas tempat datar, keluarkan (semprotkan) adonan memanjang lalu potong sekitar 3 cm an dan tata di atas loyang.
  8. Olesi bagian atas adonan yang telah di tata menggunakan kuning telur.
  9. Di atas kuning telur bisa di taburi dengan keju
  10. Panggang di atas ovendengan suhu sekitar 150 derajat selama setengah jam.
  11. Dinginkan dulu, setelah itu bisa anda tata di toples.
  12. Siap di hidangkan deh sekarang.